Tuesday, March 27, 2012

Aku Asma ?

Hah ? Asma ?

Apa sih asma itu ?
yang bunyi ngik-nguk-ngik-nguk itu kan ? -_________-

Ya, mungkin sebagian dari kita masih menganggap asma itu sebagai penyakit menyeramkan, penyakit kuno, penyakit orang kuper (gambaran di tipi sih suka gitu ~ penderita asma -> make kacamata tebal -> pipinya jerawatan -> kepang dua -> megang buku -> shock sedikit langsung terdengar "ngik").
Tapi buktinya saya ngga gitu-gitu amat kok -,-
Hehehehehehe ..

Tapi sebelum menduga-duga yang macem-macem, mendingan kita baca dulu yuk yang dibawah ini,
udah penasaran kaaan ?
yasudahlah cikidot :)


ASMA ....


 
Asma (AZ-ma) adalah penyakit paru-paru kronis (jangka panjang) yang mengobarkan dan mempersempit saluran udara. Asma menyebabkan periode berulang berupa mengi (suara siulan bila anda bernafas), sesak dada, sesak napas, dan batuk. Batuk sering terjadi pada malam hari atau pagi-pagi.Asma mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai pada masa kanak-kanak. Di Amerika Serikat, lebih dari 22 juta orang diketahui memiliki asma. Hampir 6 juta orang-orang ini adalah anak-anak.
Saluran udara adalah tabung yang membawa udara ke dalam dan keluar dari paru-paru. Orang yang menderita asma memiliki saluran udara meradang. Hal ini membuat saluran napas bengkak dan sangat sensitif. Mereka cenderung bereaksi keras terhadap zat inhalasi tertentu.Bila saluran udara bereaksi, otot-otot di sekitar mereka menegang. Ini mempersempit saluran udara, menyebabkan udara kurang mengalir ke paru-paru. Pembengkakan juga dapat memperburuk, membuat saluran udara bahkan lebih sempit. Sel-sel dalam saluran udara dapat membuat lendir lebih dari biasanya. Lendir adalah cairan lengket, tebal yang dapat lebih mempersempit saluran udara anda.Reaksi berantai dapat mengakibatkan gejala asma. Gejala bisa terjadi setiap kali saluran udara meradang.


Gambar A menunjukkan lokasi paru-paru dan saluran udara dalam tubuh. Gambar B menunjukkan bagian-lintas dari jalan napas normal. Gambar C menunjukkan bagian-lintas jalan napas selama suatu gejala asma.



Terkadang, gejala asma ringan dan pergi pada mereka sendiri atau setelah perawatan minimal dengan obat asma. Lain kali, gejala terus memburuk.Ketika gejala mendapatkan lebih intens dan / atau lebih gejala terjadi, Anda mengalami serangan asma. Serangan asma juga disebut flareups atau eksaserbasi (misalnya-Zas-er-BA-shuns).Sangat penting untuk mengobati gejala saat anda pertama kali merasakannya. Ini akan membantu mencegah gejala-gejala dari memburuk dan menyebabkan serangan asma berat. Serangan asma berat mungkin membutuhkan perawatan darurat, dan mereka dapat berakibat fatal.
Asma tidak bisa disembuhkan. Bahkan ketika Anda merasa baik, Anda masih memiliki penyakit ini dan dapat menyala setiap saat.Namun, dengan pengetahuan saat ini dan perawatan, kebanyakan orang yang menderita asma dapat mengelola penyakit ini. Mereka memiliki sedikit, jika ada, gejala. Mereka dapat hidup normal, hidup aktif dan tidur sepanjang malam tanpa gangguan dari asma.


=====================================================================

Tuh udah baca kan ? So, don't be affraid ya buat yang punya kelebihan ini .. :)
Dan untuk kamu kamu kamu yang belum punya kelebihan ini , ya jangan ngarep laah -____-



No comments:

Post a Comment